Cara Cegah Anemia Pada Anak, Ini Caranya

Cara Mencegah Anemia Pada Anak

Melakukan pencegahan penyakit anemia pada anak-anak manfaatnya banyak untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena bila anak terserang penyakit anemia ia akan menderita gejala sakit kepala.

Salah satu penyebabnya adalah kekurangan asupan gizi atau hemoglobin. Nah, agar anak Anda bisa terhindar dari penyakit anemia maka kebutuhan nurisi tubuhnya harus dipenuhi dengan baik.

Lalu, bagimana cara mencegah anemia pada anak ini? yuk, langsung saja kita simak ulasan informasi berikut ini bersama-sama ya bun, ini beberapa cara mencegah anemia pada anak

Makanan sumber penunjang zat besi
Mencegah penyakit anemia pada anak bisa dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung sumber zat besi.

Kekurangan zat besi pada tubuh bisa beresiko daya ketahanan tubuh menjadi lemah akibatnya mudah terserang penyakit. Bila anak Anda kekurangan zat besi dalam tubuhnya maka segera kucupi kebutuhannya, yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan sumber zat besi.

Makanan tersebut diantaranya ada sayur dan buah-buahan, contohnya tomat, brokoli, strawberry, ikan, jeruk dan daging unggas.

ASI ekslusif

Memberikan ASI secara ekslusif bisa mencegah anemia pada anak. ASI memang mempunyai kandungan nutrisi rendah zat besi, namun dalam ASI yang diberikan ekslusif pada anak bisa mempunyai manfaat bisa menyerap zat besi tinggi sehingga dapat mencegah resiko terserang penyakit anemia.

Kebutuhan zat besi yaang tercukupi dengan baik pada tubuh anak bisa membuat kekebalan daya tahannya jadi kuat sehingga tidak mudah sakit.

Hindari makanan yang melemahkan fungsi zat besi
Selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia pada anak, yaitu menghindari makanan yang melemahkan fungsi zat besi didalam tubuh.

Pasalnya bila anak sering mengkonsumsi jenis makanan yang melemahkan fungsi zat besi akan terserang penyakit anemia. Makanan tersebut diantaranya ada paprika, kacang-kacangan dan teh.

Jenis makanan tersebut harus dihindari diberikan terlalu sering pada anak karena bisa beresiko menyebabkan anemia. Mungkin itu tadi beberapa pencegahan anemia pada anak yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatannya.

Semoga sedikit ulasan tersebut diatas mengenai mencegah anemia pada anak bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat.

    Telpon & Dapatkan Petunjuk Dari Pakar Kami. Mulai Jelajahi AdWords!